Adakah rumus kapan suatu gabungan kata ditulis serangkai?

Tidak ada. Kita harus menghafal gabungan kata atau kata majemuk yang ditulis serangkai, sama seperti kita harus menghafal kata kerja tak beraturan (irregular verb) dalam bahasa Inggris. Untunglah jumlah kata majemuk yang ditulis serangkai ini tidak banyak dan hampir semua kata majemuk ditulis terpisah. Jangan khawatir, lama-lama pasti hafal.

Berikut ini daftar 52 kata majemuk bahasa Indonesia yang ditulis serangkai:

acapkali; adakalanya; akhirulkalam; alhamdulillah; apalagi; astagfirullah; bagaimana; barangkali; beasiswa; belasungkawa; bilamana; bismillah; bumiputra; daripada; darmabakti; darmasiswa; darmawisata; dukacita; halalbihalal; hulubalang; kacamata; kasatmata; kepada; keratabasa; kilometer; manakala; manasuka; mangkubumi; matahari; olahraga; padahal; paramasastra; peribahasa; perilaku; puspawarna; radioaktif; saptamarga; saputangan; saripati; sebagaimana; sediakala; segitiga; sekalipun; silaturahmi; sukacita; sukarela; sukaria; syahbandar; titimangsa; waralaba; wasalam; wiraswata.

Mengapa kata-kata ini dikecualikan dari kaidah pemisahan kata majemuk? Pedoman EYD hanya menyebutkan alasan “dirasakan sudah padu benar”. Perasaan siapa yang menjadi patokan? Apa kriterianya? Kalau ada waktu dan tenaga, bisa saja kita mencoba untuk mencari jawaban itu, tetapi saya pikir lebih praktis untuk menghafal saja dan menganggapnya sebagai kekhasan suatu bahasa. Toh kita tidak mencoba mencari jawaban mengapa do berubah menjadi did dan done dalam bahasa Inggris, kan?

Tambahan: @muhammadbaiquni mengingatkan bahwa kata majemuk juga ditulis serangkai saat diberi awalan dan akhiran sekaligus, meskipun ia ditulis terpisah kala berdiri sendiri, misalnya tanda tangan, bertanda tangan, dan menandatangani.

Satu komentar

  1. Wah, terima kasih atas tulisannya, mas Ivan :D

    Selama ini berarti saya salah di: olahraga, kacamata, dukacita, radioaktif, saputangan, kilometer… *haduh, banyak…*

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *